Minggu, 15 Juni 2014

Sawah dan Kearifan Lokal Di Kawasan Blora

Unknown


Bagi masyarakat Jawa Tengah,khususnya daerah Blora sawah tidak sekadar menjadi sumber mata pencaharian. Sawah menyimpan nilai kearifan lokal di dalamnya, seperti tampak dalam upacara menanam dan memanen padi. Di kalangan masyarakat petani dikenal upacara Mboyong Mbok Sri, upacara Methik, upacara Wiwit, dan upacara Bersih Desa. Upacara- upacara ini memiliki tujuan mulia untuk menjaga keseimbangan alam dan memakmurkan kaum tani.


Dalam upacara Mboyong Mbok Sri tampak terlihat prilaku untuk memuliakan Mbok Sri atau Dewi Padi. Secara sistem tanda, Mbok Sri merupakan simbol pangan. Dengan dimuliakan, diharapkan ketersediaan pangan akan tercukupi, harga pangan murah, dan jumlah melimpah. Tidak ditemukan lagi orang yang kekurangan dan kesulitan memperoleh pangan.

Ritual upacara diawali dengan pembacaan mantra tani oleh pemimpin upacara, diikuti pemotongan padi secara simbolis. Selanjutnya potongan padi dibuat boneka pengantin yang disebut parijata atau pari pengantin. Anak-anak yang hadir dalam upacara itu membawa tangkai padi ke empat pojok sawah yang akan dipanen. Maksudnya, agar padi tidak dirusak oleh hama sebelum pagi harinya dipanen secara utuh.

Ritual ditutup dengan makan nasi secara bersama-sama yang dibawa dari rumah. Kebersamaan ini menyiratkan maksud menyatunya segenap warga di tempat tersebut. Adapun boneka pengantin dibawa pulang ke rumah dengan cara digendong dan dipayungi untuk disimpan di lumbung/ pedharingan/ senthong. Ada anggapan lumbung ini merupakan tempat khusus untuk Mbok Sri beristirahat. Tempatnya dialasi daun jati dan kluwih. Daun jati menyiratkan kehati-hatian atau hemat dalam menggunakan padi dan kluwih, maksudnya agar padi lebih tahan lama saat disimpan. Kluwih dalam bahasa Jawa kerap dilafalkan luwih atau lebih.

Uborampe yang kerap ada dalam upacara Mboyong Mbok Sri antara lain dhem-dheman daun dhadhap serep, daun alang-alang, daun turi, koro, dan gandhos katul yang dimaksudkan agar hidup menjadi tentram karena persediaan pangan. Ada juga gudhangan, yang merupakan bentuk lauk campuran sayur-sayuran hasil bumi dengan kelapa, dimaksudkan agar kita selalu ingat akan hidup kita yang ditopang oleh hasil bumi.

Konservasi Berbasis Masyarakat
di Daerah Blora

                Salah satu konservasi yang diadakan di Blora adalah memberlakukanya daur ulang kertas oleh Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Asset 4 Field Cepu, Hal itu bertujuan untuk meminimalisir sampah yang terbuang dalam aktivitas kerja.

Mengingat begitu berharganya setiap lembar kertas, sudah sejak 2011 pihak pertamina telah membudayakan memorandum atau surat elektronik dan diikuti dengan imbauan rutin kepada seluruh pekerja serta mitra kerjanya untuk seminimal mungkin memprint dokumen apapun. 
Awalnya Humas Pertamina menggelar pelatihan daur ulang kertas. Pelatihan dilakukan sebagai salah satu upaya perusahaan tersebut membudayakan reduce, reuse dan recycle (3R) sampah. Pelatihan diikuti 25 staf dan tenaga administrasi di kantor Mentul PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu.
Melalui pelatihan mendaur ulang kertas ini, PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu mengharapkan kesadaran pekerja dan mitra kerja akan berharganya setiap lembar kertas dan menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan.
Kertas-kertas yang didaur ulang itu tidak hanya dijadikan kertas baru yang cantik, tapi juga dibuat menjadi berbagai kerajinan tangan yang indah dan bermanfaat.
Sebagai tindak lanjut dari pelatihan itu, PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu mencari kelompok ibu rumah tangga di sekitar wilayah kerja Pertamina untuk dapat dilatih mengelola kertas-kertas bekas serta koran dari PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu untuk dijadikan paper bag atau goodie bag serta berbagai kerajinan lain yang akan dimanfaatkan kembali oleh Pertamina.
Tapi tentu saja tidak cuma-Cuma  PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu akan membeli kembali hasil karya dari para ibu pengrajin tersebut,tetapi juga akan di pasarkan ke pasar-pasar yang lebih luas.Sebagai perusahaan yang bergerak di industri hulu migas, PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu tidak hanya mengeksplorasi dan memproduksi minyak dan gas bumi. Melainkan juga memelihara lingkungan sekitar sebagaimana komitmen perusahaan untuk tumbuh bersama lingkungan.


Unknown / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Template Designed By Templateism | Templatelib